Manfaat Mempelajari Tahfidz Sejak Dini

Beberapa tahun terakhir, banyak channel televisi komersial yang menayangkan kompetisi hafidzh cilik tingkat nasional. Dimana anak-anak yang masih berusia 3 sampai 7 tahun baik laki-laki maupun perempuan unjuk gigi atas ‘keajaibannya’ dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Ada yang hafal 1 sampai 5 juz saja, ada pula yang sudah hafal 30 juz dengan lancar. Tentu orangtua manapun yang melahirkan dan membesarkan anak dengan ‘keajaiban’ tersebut akan merasa bangga dan sangat bersyukur. Tidak lupa masyarakat umum pastinya akan takjub dan berharap memiliki anak yang demikian.

Manfaat Tahfidz Bagi Anak

Banyak sekali kemuliaan yang diberikan Allah bagi para penghafal qur’an. Salah satunya adalah penghafal qur’an akan menjadi syafa’at (penolong) bagi 10 anggota keluarganya dan orangtua dari penghafal qur’an tersebut akan dipakaikan jubah kemuliaan ketika di syurga kelak (Hadist Riwayat Hakim).

  1. Tahfizh Al Qur’an akan melatih sensitifitas indera pendengaran anak. Semakin sensitif indera pendengaran anak mendengar lafazh-lafazh ayat Al Qur’an yang dibacakan, maka semakin mudah anak menjadi fasih mengulang bacaan yang ia dengar. Hal ini akan membantunya untuk cepat fasih berbicara, selanjutnya mudah belajar bahasa Arab maupun yang lain.
  2. Tahfizh Al Qur’an melatih anak untuk berkonsentrasi tinggi. Semakin banyak ayat yang bisa dihafal oleh anak dan hafalannya ini terpelihara dengan baik, berarti konsentrasi anak akan semakin tinggi.
  3. Tahfizhul Qur’an membantu anak-anak mudah memahami Al Qur’an (sebagai petunjuk  hidup) dan mudah menjadi taqwa.  Apabila anak-anak sudah hafal ayat-ayat Al Qur’an, berarti lafazh-lafazh petunjuk tersebut sudah ada di dalam benaknya. Sehingga pada saat menjelaskan makna ayat-ayat Al Qur’an tersebut dan menggali pemahaman, petunjuk,dan hukum-hukum akan jauh lebih mudah.

Target Tahfidz TK Islam Al Azhar Rawamangun

Salah satu program unggulan YAPI yakni memberikan pendidikan agama terbaik bagi seluruh murid. Program tahfidz sudah mulai diajarkan di lingkungan YAPI Al Azhar Rawamangun sejak jenjang TK. Anak terbiasa menghapal ayat suci Al Qur’an agar dapat merangsang perkembangan kecerdasan anak. Pada murid TK Islam Al Azhar 13 Rawamangun, target yang dicapai yakni dapat membaca Al Qur’an dan menghapal beberapa surat di dalam Juz 30, yakni hingga surat Ad-Dhuha.

Leave a Reply

Your email address will not be published.